Wednesday, April 16, 2008

Tugas kelas X, untuk dikerjakan tanggal 21-26 April 2008

1. Baca artikel di blog ini yang berjudul "Kemiskinan".
2. Baca materi pokok 12 dari buku Pendidikan Religiositas halaman: 97- 101.
3. Kerjakan tugas berikut:
  • Temui seseorang yang dapat dikategorikan mengalami kemiskinan, misalnya: pedagang asongan, tukang jual makanan (spt: bakso, mie ayam, dsb), tukang sampah, tukang sol sepatu, tukang bangunan, dsb. Dan, INGAT: jangan menemui PENGEMIS/tukang minta-minta, harus bisa memilih orang yg tepat, misalnya: ada seorang ibu penjual pecel, tapi dia selalu menggunakan anting, cincin dan kalung emas. Nah.. jangan memilih yg seperti ini, pilihlah yg betul-betul terlihat ada kemiskinan yang tampak dari orang tsb.
  • Wawancarai orang tersebut, tanyakan mengenai kehidupan sehari-hari mereka, pekerjaan mereka, bagaimana mereka mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari dan bagaimana mereka merasakan hidup yang serba berkecukupan tersebut.
  • Fotolah aktifitas orang tersebut dan juga fotolah orang tsb bersama dengan kamu.
  • Kerjakan dalam kelompok (berdua-dua, bebas)
  • Susunlah laporan wawancara tersebut dalam kelompok (bisa dalam bentuk tanya jawab atau dalam bentuk cerita/narasi.
  • Buat juga refleksi pribadi dari hasil wawancara tersebut (refleksi ini dibuat oleh masing-masing anak, bukan kelompok). Refleksi ini akan menunjukkan apa yang saya rasakan setelah menemui orang tsb, ada nilai-nilai apa yang saya dapat dari perjuangan orang tsb dalam mengatasi kemiskinan.
  • Postinglah laporan wawancara, foto-foto dan refleksi tersebut ke blog berikut ini http://www.blogger.com/, lalu masukkan email dan password sesuai dengan kelas masing-masing:
  • Kelas X1, email: sepuluhsatusanur0708@gmail.com, password: sepuluhsatu0708
  • Kelas X2, email: sepuluhduasanur0708@gmail.com, password: sepuluhdua0708
  • Kelas X3, email: sepuluhtigasanur0708@gmail.com, password: sepuluhtiga0708
  • Kelas X4, email: sepuluhempatsanur0708@gmail.com, password: sepuluhempat0708
  • Kelas X5, email: sepuluhlimasanur0708@gmail.com, password: sepuluhlima0708
  • Kelas X6, email: sepuluhenamsanur0708@gmail.com, password: sepuluhenam0708
  • Jangan lupa menuliskan nama, kelas dan no absen

Deadline pengumpulan tugas: Sabtu, 26 April 2008

Kalau ada pertanyaan harap menghubungi saya atau tulis pertanyaan di blog saya ini.

Terima kasih.

I.Cecil

1 comment:

Anonymous said...

maaf, bu! Saya Stella dari X-5. Saya sekelompok dengan Michelle. Berhubungan saya demam, badan saya sempat muncul merah-merah. Waktu kosong saya gunakan untuk ke dokter. Dengan terpaksa, Saya dan Michelle kerja sendiri-sendiri. Supaya Michelle juga bisa buat tugas dengan tepat waktu tanpa harus menunggu kesembuhanku. Apa boleh demikian? terima kasih bu.